Banyak memotret bikin orang pikun

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dan diterbitkan ke dalam jurnal Psychological Science baru-baru ini, ternyata mampu menemukan sebuah fakta yang cukup mengejutkan. Yaitu orang yang terlalu banyak menganmbil gambar atau memotret justru akan mengalami gangguan terhadap daya ingatnya.


Dilansir oleh Time (10/12), seperti yang telah disebutkan diatas, orang yang terlalu banyak mengambil gambar atau memotret justru akan mengalami gangguan terhadap daya ingatnya.

Mengapa demikian? Sebab orang yang terlalu banyak mengambil gambar atau memotret suatu obyek akan memiliki kecenderungan untuk tidak mengingat apa yang dilihatnya karena merasa sudah mengabadikannya lewat kamera.

Studi ini dilakukan kepada beberapa orang yang berkunjung ke suatu museum dan beberapa di antaranya ada yang membawa kamera dan sebagian lagi tidak. Setelah selesai semua, orang yang membawa kamera justru tidak banyak mengingat apa yang telah dilihatnya selama di museum.
Sementara orang yang tidak membawa kamera dan tidak memotret setiap obyek yang ada di museum tersebut dapat mengingatnya jauh lebih banyak ketimbang mereka yang memotret. Hal ini disebabkan oleh mereka yang tidak memotret akan cenderung melihat dengan seksama secara detail apa yang ada di hadapannya. sehingga itu akan meningkatkan daya ingat. Jadi wajar jika orang yang memotret ingatannya akan yang dipotret lebih tipis daripada yang tidak memotret

Penelitian kedua dilakukan juga untuk memperkuat hipotesis. Mereka yang membawa kamera diminta untuk memotret beberapa obyek di museum dengan detail. Artinya mereka akan memotret dari jarak dekat dan mendapatkan tiap detail obyek tersebut. Hasilnya, mereka justru dapat mengingat itu karena bantuan detail yang mereka dapatkan dari obyek.

Kesimpulannya adalah Anda sebaiknya tidak terlalu bergantung pada kamera untuk mengabadikan momen-momen penting, sebab itu justru akan menipiskan daya ingat Anda. Kecuali Anda mendapatkan setiap detailnya dengan foto yang diperbesar.

Para peneliti mencoba membuat 'guyonan' tentang fakta yang didapat dari studi tersebut. Jika Anda ingin mengingat pesta ulang tahun kekasih Anda, namun Anda tetap ingin mengabadikannya lewat kamera, sebaiknya Anda memotretnya saat meniup lilin dengan jarak yang dekat. Mungkin itu akan sedikit geli karena harus mendapati kekasih Anda dengan gambar 'manyun'. Tapi percayalah, itu adalah cara yang unik agar Anda dapat mengingat semuanya. Jadi lebih baik kan ?

Nah jadi buat yang mau ujian, jangan pernah memotret materi ujian ya, biar gak lupa

Loading...

Related

Kesehatan 1827321305879657930

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

Terbaru

Komentar

item